7. Marlip
Mobil ini merupakan mobil listrik hasil
pengembangan LIPI yang sekarang dipasarkan PT. Marlip Indo Mandiri.
Selain membuat mobil golf, buggy pasien, mobil keamanan, marlip juga
mengeluarkan mobil penumpang dengan kecepatan mencapai 50 km/jam sampai
empat penumpang. Namun amat disayangkan bentuknya kurang bagus dan
jarak tempuh maksimumnya hanya 120 km. Harganya 60 – 80 juta.
6. Maleo
Maleo merupakan sebuah kisah
menyedihkan sebuah mobil nasional. Tahun 1993 pemerintah mulai berpikir
membuat mobil nasional. Saat itu instansi yang diberi tugas adalah
IPTN, pertama bekerjasama dengan Rover, Inggris, lalu dengan Millard
Design Australia. Sampai tahun 1997 IPTN telah membuat 11 rancangan
mobil yang sangat bagus namun karena pergantian kekuasaan dan gejolak
saat itu program ini secara resminya sudah mati. Yang menyedihkan
adalah rancangan-rancangan tersebut hanya menjadi hal yang sia-sia.
5. Gea
Gea merupakan mobil nasional yang
dibidani oleh PT. INKA (Industri Kereta Api). Mobil ini bermesin Rusnas
(Riset Unggulan Strategis Nasional), yaitu sebuah mesin berkapastias
640 cc. Tujuan utama mobil ini adalah memberikan alternatif mobil kecil
untuk menghadapi krisis energi. Mobil ini harganya berkisar antara 45
-50 juta, sudah diuji coba hingga 10.000 km dan kecepatan maksimalnya
90 km/jam. Mobil ini sudah sampai tahap uji coba produksi dan dalam
waktu dekat akan masuk pasaran.
4. Tawon
Mobil yang diproyeksikan menjadi
pengganti Bajaj ini diproduksi oleh PT Super Gasindo Indonesia Jaya
(GIJ). Di antara mobil-mobil nasional lain yang ada di daftar ini mobil
tawonlah yang paling siap dari segi pemasaran. Mobil ini menggunakan
gas alam sebagai bahan bakar, memiliki mesin 650 cc, kecepatan maksimal
100 km/jam dan dibanderol 48 Juta Rupiah on the road. Sampai tahun 2009
ditargetkan ada produksi 600 – 2000 unti per bulan.
3. Komodo
Ibnu Susilo, salah satu bidan CN-250
Gatotkaca, salah satu Head Designer Maleo, sekarang telah mengeluarkan
desain baru dari tangan-tangan dinginnya. Komodo, sebuah mobil offroad
Indonesia yang menakjubkan. Meskipun ukurannya kecil namun kemampuannya
garang, mobil ini dapat melintasi hutan sejauh 100 km dalam 6-7 jam
menghabiskan hanya 5 liter. Selain itu mobil ini memiliki fitur
self-recovery dimana ia tidak bisa terguling, begitu tergulian mobil
ini akan kembali ke posisi yang stabil. Tidak goyah di medan yang sulit
menjadikannya mobil Indonesia yang sangat membanggakan.
2. Timor
Teknologi Industri Mobil Rakyat
(Timor), siapa yang tidak ingat dengan tragedi mobil nasional ini.
Bahkan entah kenapa sulit sekali mencari informasi tentang mobil yang
diproduksi PT. Timor Putra Nasional ini di Internet. Mobil ini
merupakan mobil KIA Sephia dari Korea, idenya adalah dengan mengimpor
mobil dari luar negeri yang didukung komponen lokal maka mobil nasional
lama-kelamaan bisa menjadi kenyataan. Maka mobil Korea ini dibebaskan
dari segala pajak dan dijual di pasaran, namun perubahan rezim, krisis
ekonomi dan permasalahan keuangan menenggelamkan perusahaan ini.
1. Esemka Digdaya
Saya takjub pertama kali melihat mobil
ini, hasil buatan tangan kok bisa sebagus ini finishing bodinya. Esemka
Digdaya sesuai namanya merupakan proyek mobil nasional yang dikerjakan
oleh anak-anak SMK 1 Singosari Malang. Mobil dobel kabin ini memiliki
mesin 1500 cc eks Timor dan menghabiskan dana 175 juta untuk
membuatnya, dan juga 50 orang murid SMK. Departemen Pendidikan sudah
mulai mendekati beberapa produsen yang tertarik untuk memproduksinya
untuk dipasarkan. Mobil ini bisa naik begitu tinggi dalam daftar karena
menunjukkan bahwa murid SMK saja bisa membuat mobil nasional.
0 komentar:
Posting Komentar