Linkin Park - Figure.09

Powered by mp3skull.com

Senin, 05 Maret 2012

Raja Kelas Rp 10 Juta



Kepiawaian Yohanes Biantara meracik audio ‘murah’ sudah banyak didengar orang. Lewat ajang Hot Import Night (HIN) di Jogjakarta, dan berbagai ajang lain, instalatur asli Purwokerto ini kembali mencatatkan diri sebagai raja di kelas Sound Quality (SQ) Rp 10 juta dan kelas Rp 25 juta.
Toyota Fortuner lansiran 2005 yang sempat merajai dua kelas yang sama September 2006 lalu kembali diobok-oboknya. Setting ulang audio jadi senjatanya untuk kembali meraih tropi bergengsi. “Ubahannya terletak pada penataan ulang tweeter dan penambahan peredam baru yang saya taruh di atas dashboard,” ujar pria bernama asli Kho Beng Hwan ini.
indra variasiAndre, putra Beng Hwan saat menerima hadiahDibanding versi terdahulu, kali ini pemilik Indra Variasi ini menggeser posisi tweeter yang ada di tulang frame kaca depan turun sekitar  5 cm. Arahnya juga disesuaikan kembali dengan mengukur sudut ke arah telinga pendengar di kabin depan.
Peredam khusus yang diletakkanya di atas dashboard merupakan penemuan orisinalnya. “Dari hasil coba-coba. Fugsinya untuk menambah kedalaman suara di sekitar atas dashoard. Sensasi yang muncul, suara vokal terasa lebih dalam dan posisinya agak lebih mundur dari sebelumnya,” tambah Andre, sang putra.
Peredam ini dibuat membuat sudut antara kaca depan dan dashboard yang semula lancip menjadi tumpul. “Kita buat dari fiber yang diisi lapisan peredam. Di bagian luar kita bungkus dengan lapisan khusus juga,” sambung Yohanes lagi.
indra variasiHasilnya? Sungguh luar biasa. Menurut salah satu juri, kualitas suaranya tak kalah dengan audio seharga Rp 200 jutaan. Saat duduk di kabinnya, kita seperti di dudukkan di sebuah konser musik yang sangat hidup. Lagu-lagu lembut seperti milik Yao Si Ting mengalir sangat jelas, bahkan sampai detil-detil yang tak mungkin di dapat dari audio standar berharga sama. Sosok penyayi asal China itu seperti duduk di hadapan kita dengan sebuah kursi tinggi di bawah sorotan lampu temaram. Menyanyi penuh perasaan sekaligus menggoda.
Ubahan lain yang dilakukan suami Indarti alias Ince ini adalah mengganti Head Unit Alpine 9853 dengan merk Blaupunk Bremen MP74 seharga Rp 3 jutaan. Sementara 2 Tweeter T1R yang ditempatkan di frame pintu depan dan Sub Woover Etude 2.10 di belakang masih menggunakan yang lama dari merk Crescendo.
indra variasiDi sektor eksterior, Yohanes mengembalikan tampilan standar Fortuner-nya. Velg racing-nya digusur dan diganti velg standarnya. “Karena emang yang dilombakan kan audionya, bukan tampangnya,” kilahnya.
Meski sudah terbukti merajai kelas SQ Rp 10 juta dan 25 juta, namun Yohanes masih berniat mengutak-utiknya lagi. “Kalau dapat ilmu baru yang bisa mendongkrak kualitas suaranya, pasti langsung saya aplikasikan,” tuturnya. Kemauan belajar dan mencoba ini lah yang membuat pria yang menggeluti dunia audio sejak tahun 80-an ini semakin kenyang pengalaman.(cb79)

0 komentar:

Posting Komentar